Jumat, 14 November 2008

Info : Beras Merah


Beras merah memang masih jarang diketahui oleh orang-orang. Apalagi dikonsumsi. Padahal beras merah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Nah bagi yang belum tahu saya akan sedikit berbagi info tentang beras merah ini...

Dikenal sejak 2800 SM, beras merah merupakan sumber protein, mineral (magnesium, fosfor, tembaga, dan mangan), dan vitamin B yang lebih tinggi dibandingkan dengan beras putih. Jenis vitamin B yang tinggi dalam beras merah ini yaitu Tiamin. Kekurangan tiamin bisa mengganggu sistem saraf dan jantung. Dan jika dalam keadaan berat, kekurangan tiamin bisa menyebabkan penyakit beri-beri.
Selain itu, beras merah juga mengandung serat yang tidak bisa larut dalam air sehingga bisa membantu mencegah sembelit dan berguna buat mereka yang mau diet...
Namun beras merah memang lebih 'padat' ketimbang beras putih sehingga bagi yang mengkonsumsi beras merah harus bisa menyeimbangkannya dengan minum air putih yang banyak.

Di wikipedia disebutkan bahwa beras merah sebenarnya memiliki kandungan karbohidrat yang lebih rendah ketimbang beras putih (75,7 gr : 78,9 gr), tetapi hasil analisis Nio (1992) menunjukkan nilai energi yang dihasilkan beras merah justru di atas beras putih (349 kal : 353 kal). Selain lebih kaya protein (6,8 gr : 8,2 gr), hal tersebut mungkin disebabkan kandungan tiaminnya yang lebih tinggi (0,12 mg 0,31 mg).

Yang pasti dengan mengganti nasi putih menjadi nasi merah kita bisa terhindar dari berbagai penyakit seperti jantung, kanker, obesitas, dan diabetes.

Silahkan mencoba!

3 komentar:

tyasjetra mengatakan...

temen2 yg pada diet makannya beras merah ini nih...
aku udah pernah nyobain, tapi enakan nasi putih ya...
hehe, emang nggak mau diet sih..

Gumi Angga mengatakan...

tapi beras merah itu mahal, heheheheh....

Anatasia Noorsaputera mengatakan...

yup beras merah memang harganya di atas beras putih...dan pastinya lebih tawar daripada nasi putih.

Tapi khasiatnya boleh juga lho...:)